Ari, Teladan SMK BLK Bandarlampung




UNTUKmendapatkan predikat terbaik secara berturut-turut di sekolah bukanlah hal gampang. Namun, Ari (17) mampu melakukannya hingga mendapat gelar sebagai siswa teladan di sekolahnya.
Siswa kelas XII SMK Bina Latih Karya (BLK) Bandarlampung pernah mendapatkan juara I siswa teladan di kelas X SMK BLK (2010) dan juara I siswa teladan kelas XI SMK BLK (2011). ’’Ini merupakan prestasi di bidang akademik yang belum pernah saya dapatkan selama sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama,” ujarnya kepada Radar Lampung kemarin.
Didampingi Waka Kesiswaan SMK BLK Iskandar, remaja kelahiran Bekri, Lampung Tengah, 10 Juni 1993, ini menuturkan, penilaian terhadap dirinya hingga meraih predikat siswa teladan tersebut berdasarkan empat kriteria. Yakni prestasi akademik (30%), keaktifan ekstrakurikuler (25%), kepribadian atau sikap (20%), dan  kepatuhan terhadap tata tertib sekolah (25%).
    Atas penilaian keempat kriteria tersebut, putra pasangan Suhimin dan Miskiatun, warga Perumahan Kopri Blok C II No. 22, Sukarame, Bandarlampung, ini pun terpilih menjadi yang terbaik. Kemudian berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan beasiswa bebas bayar daftar ulang di sekolahnya.
    ’’Jujur, sebelumnya saya bukan apa-apa. Saya hanya siswa biasa saja, sama seperti yang lainnya. Namun setelah diberikan motivasi oleh guru-guru di sekolah bahwa tantangan ke depan sangat berat jika hanya menjadi siswa biasa-biasa saja, maka saya pun termotivasi untuk menjadi siswa yang punya kelebihan dari siswa lainnya,” papar ketua kelas XII di sekolah tersebut.
Siswa yang punya hobi membaca serta cita-cita menjadi ilmuan ini juga memberikan beberapa kiatnya dalam meraih prestasi. Di antaranya harus disiplin dan profesional. ’’Kemudian kalau waktu belajar ya belajar dan bermain ya main,” pungkasnya.

 
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply